Pelayanan laboratorium merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan pencegahan dan pengobatan serta pemulihan kesehatan.

Laboratorium Kesehatan adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat dimana laboratorium sebagai pelaksana teknis kesehatan dan sebagai satuan penelitian kesehatan mempunyai fungsi antara lain :

  1. Pelaksana kesehatan sesuai dengan fungsi pembangunan kesehatan
  2. Pelaksana dan pembina hubungan kerjasama antara pelaksana kesehatan lainnya dan masyarakat

Agar pembangunan bidang kesehatan ini dapat berhasil serta tugas dan fungsi kesehatan dapat dilaksanakan dengan baik maka perlu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan pemberdayaan sarana dan prasarana laboratorium bagi penunjangnya, yang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam peningkatan mutu kesehatan dan akan mempengaruhi pula efesiensi dan efektivitas dalam pelaksanaannya.

UPT. Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Soppeng berperan dalam pelayanan pembangunan kesehatan sebagai upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP), berupa : pencegahan dan pemberantasan penyakit, penyediaan dan pengelolaan air bersih dan penyehatan lingkungan pemukiman serta kegiatan lain yang ada di wilayahnya.

Sebagai peran serta dalam melaksanakan kegiatan pembangunan kesehatan khususnya penyehatan air, UPT. Labkesda melaksanakan tugas dan fungsinya  sebagai laboratorium penguji kualitas air minum sesuai dengan Keputusan  Bupati Nomor 756/KEP-BUP/III/2016.

Dalam melaksanakan kegiatannya UPT. Labkesda terus berupaya  mengembangkan diri agar dapat menjadi sebuah laboratorium dalam kemandirian motivatif, inisiatif, kreatif dan inovatif dalam menunjukkan pengembangan kesehatan yang merupakan salah satu tujuan kesehatan nasional. Percepatan pengembangan UPT. Labkesda sangat diperlukan dengan peralatan yang lebih lengkap dan memadai dari peralatan Laboratorium Puskesmas maupun Rumah Sakit Daerah untuk menjadi pusat rujukan laboratorium atau sebagai laboratorium cross check maupun selaku  laboratorium pembina bagi laboratorium puskesmas di Kabupaten Soppeng.  Dengan demikian masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan layanan pemeriksaan Laboratorium yang  lebih lengkap, bermutu dan terjangkau  di daerah sendiri sesuai dengan Visi-Misi Bapak Bupati Soppeng menuju Pemerintahan Yang Lebih Baik.